Kamis

RSS pun Bisa Tampil Unik

Salah satu dari beberapa desain Papan Damai Abadi yang masuk dalam Tabloid Rumah.
Dan ini adalah proyek pertama PDA- Architecture yang masuk kedalam halaman tabloid ini.
Dengan judul "RSS pun Bisa Tampil Unik"


Terbatasnya lahan bukan halangan untuk mewujudkan rumah yang asri. Dengan sedikit kreasi, rumah Tipe RSS bisa disulap agar menarik.

Dibandingkan sederetan rumah di jalan selebar 2 m itu,
rumah yang satu ini memang lain daripada yang lain.
Cat merah muda serta kedua kolom yang menjulang
membuat rumah ini sudah keliatan dari ujung jalan.
Rumah tipe RSS yang ditempati Nani dan suaminya, 
Nugroho, tampak dengannya rupanya sudah direnovasi.

Renovasi Permanen
Awalnya, rumah yang terletak di kawasan Depok Timur tersebut ukurannya hanya 3 x 6 m2. Setelah melalui beberapa tahap pengembangan, rumah keluarga ini kini sudah hampir memenuhi seluruh lahan, hanya sebagian yang disisakan untuk taman depan. Baru-baru ini rumah di atas lahan 60 m2 ini "dipermak" tampak mukanya, sekaligus memfungsikan teras sebagai ruang santai mungil.

Sebagai seorang pensiunan Unggul merasa berat juga jika setiap kali harus mengeluarkan uang untuk membiayai renovasi. Pasalnya, setiap 5 tahun sekali ada saja dana yang dikeluarkan untuk memperbaiki ini-itu " Karena itu, renovasi kali ini sifatnya permanen, biar nanti tidak diganti-ganti lagi sampai lama. " ujar Nani, istri Unggul yang menemani pemotretan.

Dengan bantuan, keponakannya, Reza, perubahan tampak depan rumah ini dilakukan dengan bahan-bahan yang tahan lama.....................................

Tampak Depan "Nyeni"
Sekarang ini, yang dilakukan keluarga unggul terhadap rumahnya hanya perombakan tampak depan rumah dan teras saja. Bagian depan rumah ini penuh dengan bentuk-bentuk ornamental. Contohnya adalah kedua kolom di depan yang sebenarnya tidak menanggung beban struktur. Kolom-kolom yang di cat merah bata ini fungsinya hanya sebagai hiasan yang memberi kesan kokoh pada rumah. Bentuk lengkung sekitar jendela yang dicaprut (melempar-lempar adukan semen ke dinding untuk menghasilkan tekstur kasar) semen juga bukan bagian dari struktur. Dinding ini ditambahkan di depan dinding asli sebagai aksen. .................................



Mencicil Bahan Finishing
Untuk mendapatkan bentuk depan ini, dibutuhkan waktu pembangunan 3 bulan. Setelah semua berdiri, menurut Nani, proses finishing tidak segera dilakukan. " Finishing rumah ini dilakukan dengan mencicil. Maklum pensiunan ", ujar Nani. "Jadi kalau ada dana baru saya membeli cat atau bahan lainnya, dan pekerjaan diteruskan," tambahnya. Setelah hampir setahun, perombakan tampak depan rumah ini baru selesai.

........................................................

Sumber : Tabloid Rumah, Edisi 28 . 3 -16 Februari 2004

Bila anda menginginkan Design denah dan tampak dari design RSS ( Rumah Sangat Sederhana ) ini.
Hubungi kami.
087821388227 (Eltend)

Tidak ada komentar: